ATAS GAN

Wednesday, 20 May 2015

Ikhlaslah Agar Amal Tidak Sia -Sia

Pintu gerbang islam adalah mengucapkan dua kalimat syahadat (nuthqusy syahadatain) yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. syahadat tauhid mengajarkan tujuan puncak dalam beribadah,yakni keikhlasan. sementara syahadat rasul mengajarkan kepatuhan dalam tata cara beribadah. 


Ikhlas adalah rahasia dari rahasia Allah swt yang diletakkan didalam hati hamba yang dicintaiNya. Ikhlas adalah kunci diterimanya amal shalih disamping kepatuhan kepada Rasulullah saw. Jadi,ada dua kunci sukses dalam beramal : menguatkan tujuan dan menggunakan strategi yang benar untuk mencapai tujuan.

Beramal dengan ikhlas artinya beramal dengan niat yang murni,tidak tercampur dan terkotori oleh nafsu perut,kemaluan dan kesenangan dunia. 

itulah sebabnya Rasulullah saw pernah berdoa," Aku berlindung kepadaMu dari khusyuknya orang munafik." Ini karena mereka itu berusaha menipu Allah swr. Secara lahiriah tampak khusyu' akan tetapi batinnya menyimpan keingkaran dan kedustaan kepadaNya. Lain dimulut lain dihati. Padahal iman yang sejati itu harus memadukan pengakuan hati,pernyataan lisan dan amalan anggota tubuh. 

Orang yang ikhlas dengan sebenarnya,tidak mengetahui dirinya itu ikhlas. karena ia melupakan amalnya,yang dia ingat dan intropeksi adalah dosa yang dilakukab dan kekurangan yang melekat pada dirinya. 

Ikhlas adalah kita mengorientasikan hati,perkataan,perbuatan,dan jihad hanya ditujukan kepada Allah swt. Ikhlas tanpa mengharapkan keuntungan materi, gengsi,pangkat,gelar,kemajuan dan kemunduran. 

Orang yang ikhlas selalu merahasiakan amalnya bagaimana ia menyembunyikan aibnya. seperti binatang penyu,apabila bertelur ia menyembumyikan dirinya.padahal sekali bertelur bisa mencapau 5ratus sampai 5ribu. berbeda dengan ayam betina,sekali bertelur berteriak dengan keras,mengundang perhatian publik padalah jumlah telurnya jauh lebih sedikit. 

Sebagaimana firman Allah swt : " Katakanlah,sesungguhnya shalatku,ibadahku,hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya dan demikian itulaj yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (Al-anam 6:162-163) 




#Tulisan Wajib 4 
#Kelas Online 
#Indahnya Menikah Tanpa Pacaran

1 comment: